Minggu, 31 Mei 2015

CHAPTER 5 - INFRASTRUKTUR DAN KEMUNCULAN TEKNOLOGI



TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
“INFRASTRUKTUR DAN KEMUNCULAN TEKNOLOGI”


 DIBUAT OLEH :
MEGARIANI MUTIARASARI        C1C013001
RUTH FENNY WIJAYA                  C1C013005
MARGARETHA SIMATUPANG    C1C013034
AKUNTANSI A 2013

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2015

5.1 Infrastrktur Teknologi Informasi
Infrastruktur teknologi informasi terdiri dari satu set perangkat fisik dan aplikasi software   yang diperlukan untuk mengoperasikan seluruh perusahaan.

Gambar diatas menunjukkan hubungan antara perusahaan, infrastruktur teknologi informasi, dan kemampuan bisnis. Infrastruktur teknologi informasi harus mampu mendukung bisnis perusahaan dan sistem strategi informasi, baru kemudian teknologi informasi tersebut memiliki dampak yang kuat pada bisnis dan strategi teknologi informasi, serta layanan yang kuat yang dapat diberikan kepada pelanggan.
  Ø  Platform Computing, digunakan untuk menyediakan layanan komputasi yang menghubungkan karyawan, pelanggan, dan pemasok ke dalam lingkungan digital, termasuk mainframe besar, komputer, perangkat handphone.
  Ø  Layanan Telekomunikasi, menyediakan data, suara, dan sambungan video kepada karyawan, pelanggan, dan pemasok.
  Ø  Manajemen Data, berguna untuk menyimpan dan mengelola data perusahaan, serta memberikan kemampuan untuk menganalisis data.
   Ø  Layanan Aplikasi Perangkat Lunak, berguna untuk perencanaan sumber daya perusahaan, hubungan pelanggan, sistem manajemen yang dimiliki oleh semua unit bisnis.
  Ø Fasilitas Fisik Manajemen, mengembangkan dan mengelola instalasi yang diperlukan untuk komputasi, telekomunikasi, dan data manajemen.
  Ø Layanan Teknologi Informasi Manajemen, merencanakan dan mengembangkan infrastruktur, mengkoordinasikan dengan unit bisnis untuk layanan teknologi informasi, mengelola akuntansi untuk pengeluaran teknologi informasi, serta menyediakan proyek manajemen.
   Ø  Layanan Standar Teknologi Informasi, menyediakan kebijakan perusahaan dan unit usaha untuk  menentukan informasi teknologi mana yang akan digunakan, kapan, dan bagaimana.
  Ø  Layanan Pendidikan Teknologi Informasi, menyediakan pelatihan kepada karyawan mengenai penggunaan sistem dan juga memberikan penawaran pelatihan untuk manajer bagaimana merencanakan dan mengelola investasi dalam teknologi informasi.
   Ø  Layanan Penelitian dan Pengembangan Teknologi Informasi, menyediakan penelitian-penelitian yang potensial tentang proyek-proyek masa depan dan investasi.

  Evolusi Infrastruktur Teknologi Informasi


Teknologi informasi terus mengalami evolusi terus menerus di setiap masanya, berikut evolusi-evolusi teknologi informasi pada masa-masanya :

   1 . General-Purpose Mainframe dan Komputer Mini (1959-sekarang)
Pengenalan IBM 1401 dan 7090 pada tahun 1959 menandai awal penggunaan komputer mainframe. Pada tahun 1965, komputer mainframe dengan seri IBM 360 merupakan komputer komersial pertama dengan sistem operasi yang kuat, multitasking, membagi waktu, dan virtual memori yang lebih maju. Komputer mainframe cukup kuat untuk jarah jauh secara online yang terhubung ke mainframe pusat menggunakan protokol eksklusif dan jalur data. Era ini merupakan periode dimana komputasi sangat terpusat dibawah kendali programmer dan sistem operator dengan sebagian besar elemen infrastruktur yang disediakan oleh satu penjual, produsen perangkat lunak dan perangkat keras.
    2. Personal Computer (1981-sekarang)
Munculnya PC IBM pada tahun 1981 dianggap sebagai awal era PC. Pada tahun 1980 dan awal tahun 1990-an, PC meluncurkan processor desktop software, data manajemen, dan sebagainya.
   3. Client/Server (1983-sekarang)
Client merupakan titik pengguna untuk masuk, sedangkan server merupakan proses bersamaan dengan data, menyajikan halaman web, atau mengelola kegiatan jaringan. Client/server memungkinkan perusahaan untuk mendistribusikan pekerjaan. Harganya jauh lebih murah dibandikan komputer mini atau system mainframe terpusat.
   4. Perusahaan Computing (1992-sekarang)
Pada awal 1990-an, perusahaan beralih ke standar jaringan dan perangkat lunak yang dapat mengintegrasikan jaringan yang berbeda di seluruh perusahaan dalam infrastruktur yang lebih luas. Setelah tahun 1995, perusahaan bisnis mulai menggunakan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)
   5.  Cloud dan Mobile Computing (2000-sekarang)
Cloud computing mengacu kepada model komputasi yang menyediakan akses bersama sumber daya komputasi, seperti komputer, aplikasi, dan sebagainya melalui jaringan internet. Saat ini, Cloud computing adalah bentuk yang paling cepat berkembang. Cloud computing memberikan daya komputasi, data penyimpanan, dan internet dengan kecepatan tinggi yang menghubungkan ke perusahaan-perusahaan dari jarah jauh.

Pengendali Teknologi Evolusi Infrastruktur
Perubahan dalam infrastruktur teknologi informasi dihasilkan dari perkembangan pemrosesan komputer, chip memori, perangkat penyimpanan, telekomunikasi, dan jaringan perangkat keras dan lunak yang meningkatkan daya dan mengurangi biaya.

  Hukum Moore dan Kekuatan Mikroprosessor
            Pada tahun 1965, Gordon Moore, direktur penelitian dan pengembangan laboratorium semikonduktor Fairchild, menulis pada majalah elektronik bahwa chip mikroprosesor pertama diperkenal pada tahun 1959. Lalu, chip semakin di miniaturkan. Dengan menggunakan  teknologi nano, chip dapat dikecilkan ukurannya ke beberapa atom. Teknologi nano menggunakan atom dan molekul individu untuk membuat chip komputer dan perangkat lain menjadi lebih kecil.

Hukum Penyimpanan Data Terbesar
            Dunia menghasilkan sebanyak 5 exabyte informasi per tahun.





Hukum Meltcalfe dan Jaringan Ekonomi
            Robert Meltcafe penemu jaringan area lokal teknologi Ethernet meyatakan pada tahun 1970 nilai atau kekuatan jaringan tumbuh secara eksponensial sebagai fungsi dari beberapa jumlah jaringan.

Penurunan Biaya-biaya Komunikasi dan Internet
            Transformasi infrastruktur teknologi informasi keempat merupakan penurunan cepat dalam biaya komunikasi dan pertumbuhan eksponensial dalam internet. Diperkirakan 1,8 miliar orang diseluruh dunia memiliki akses internet.


Gambar diatas menunjukkan biaya komunikasi baik yang melalui internet dan jaringan telepon menurun secara eksponensial. Biaya komunikasi jatuh dalam jumlah yang kecil ke pendekatan 0, sedangkan pemanfaatan komunikasi dan fasilitas komputasi “meledak”. Untuk mendapatkan keuntungan bisnis yang terkait dengan internet, perusahaan harus memperluas koneksi internet mereka, termasuk koneksi nirkabel, perangkat komputasi mobile, dan sebagainya.
 
Standar dan Efek Jaringan
            Infrastruktur dan komputasi internet akan menjadi hal yang mustahil jika tanpa adanya kesepakatan antara produsen dan penerimaan yang luas dari konsumen. Tanpa skala ekonomi, komputasi akan jauh lebih mahal daripada saat ini.

5.2  Komponen Infrastruktur

Infrastruktur teknologi informasi saat ini terdiri dari tujuh komponen utama. Gambar 5-9 menggambarkan komponen infrastruktur dan vendor dalam setiap komponen. Komponen-komponen ini merupakan investasi yang harus dikoordinasikan satu sama lain untuk meyediakan perusahaan dengan infrastruktur yang koheren.

Manajemen Data dan Penyimpanan
Perangkat lunak manajemen database perusahaan bertanggungjawab untu mengatur dan mengelola data perusahaan sehingga mereka dapat diakses dan digunakan secara lebih efisien. Program database terkemuka adalah IBM (DB2), Oracle, Microsoft (SQL Server), dan Sybase (Adaptive Server Enterprise), yang menyediakan lebih dari 90 persen dari database perangkat lunak. Perangkat penyimpanan data secara digital telah berkembang lebih dari 15% per tahun selama 5 tahun terakhir. Storage Area Network (SAN) menghubungkan beberapa penyimpanan perangkat pada jaringan berkecepatan tinggi untuk penyimpanan.
            Revolusi internet membuat sebuah “ledakan” besar dalam server komputer, dengan banyak perusahaan mengumpulkan ribuan server kecil untuk menjalankan internet mereka. Server hardware di pasar terkonsentrasi pada IBM, Dell, HP/Compaq dikarenakan harganya murah.
Konsultasi dan Integrasi Sistem Layanan
            Menerapkan infrastruktur baru memerlukan perubahan signifikan dalam proses bisnis dan prosedur pelatihan dan pendidikan, seta integrasi perangkat lunak. Integrasi perangkat lunak memastikan unsure-unsur baru pekerjaan satu sama lain. Sistem pemrosesan transaksi dibuat untuk komputer mainframe yang terus digunakan untuk menghindari tingginya biaya penggantian atau untuk mendesain ulang. Mengganti sistem memerlukan biaya yang tergolong mahal dan umumnya tidak diperlukan jika sistem yang dulu dapat diintegrasikan kedalam infrastruktur saat ini.

5.3 KECENDERUNGAN PLATFORM PERANGKAT KERAS KONTEMPORER
“Meledaknya” kekuatan perangkat keras dan jaringan teknologi telah mengubah cara bisnis dalam mengatur daya komputasi mereka. Kekuatan kebih ini ditempatkan pada jaringan dan perangkat genggam. Ada tujuh trend perangkat keras : kemunculan mobile digital platform, komputasi jaringan, virtualisasi, komputasi awan, komputasi ramah lingkungan, komputasi otonom, prosesor penyimpanan daya/kinerja tinggi.
1.    Kemunculan Mobile Digital Platform
Platform komputasi mobile digital telah muncul sebagai alternatif untuk personal komputer dan komputer yang lebih besar. Ponsel dan smarthphone seperti Blackberry dan Apple telah menerapkan banyak fungsi dari komputer genggam, termasuk transmisi data, surfing web, transmisi email dan pesan instan, menampilkan konten digital, dan bertukar data.
2.    Komputasi Jaringan
Komputasi jaringan melibatkan hubungan komputer yang jauh secara geografis, ke dalam satu jaringan tunggal untuk membuat komputer super virtual dengan menggabungkan kekuatan komputasi dari semua komputer pada jaringan. Komputasi jaringan membutuhkan perangkat lunak untuk mengontrol dan mengalokasikan sumber daya pada jaringan.
3.    Virtualisasi
Virtualisasi adalah proses menyajikan satu set sumber daya komputasi sehingga mereka semua dapat diakses pada cara yang tidak dibatasi oleh fisik ataupun lokasi geografis. Virtualisasi memungkinkan daya fisik tunggal muncul bagi pengguna sebagai sumber daya logis. Virtualisasi memungkinkan perusahaan untuk menangani sumber daya pemrosesan komputer dan penyimpanan menggunakan komputasi bertempat di lokasi yang terpencil.
Manfaat Bisnis Virtualisasi
Dengan memberikan kemampuan untuk meng-host beberapa sistem pada mesin fisik tunggal, virtualisasi membantu organisasi meningkatkan tingkat kegunaan peralatan, menjaga pusat data, dan penggunaan energi. Virtualisasi memungkinkan perusahaan untuk menjalankan aplikasi warisan mereka pada versi lama dari sistem operasi pada server yang sama dengan aplikasi baru. Sekarang ini mungkin bagi perusahaan dan individu untuk melakukan semua pekerjaan komputasi mereka menggunakan infrastruktur teknologi informasi virtual, seperti halnya dengan komputasi awan.
4.    Komputasi awan
Komputasi awan dimana perusahaan dan individu memperoleh pemrosesan komputer, penyimpanan, perangkat lunak, dan layanan lainnya sebagai pusat sumber daya virtual melalui jaringan, terutama internet. Sumber ini dibuat untuk meneydiakan pengguna berdasarkan kebutuhan mereka, terlepas dari lokasi fisik mereka atau lokasi pengguna. Menurut NIST Amerika Serikat, komputasi awan memiliki karakteristik penting berikut ini :
·  Pelayanan permintaan diri
·  Akses jaringan dimana-mana
·  Lokasi penyatuan sumber daya yang bebas
·  Elastisitas yang cepat
·  Layanan teratur

Cloud computing terdiri dari tiga jenis layanan :
·  Layanan cloud infrastruktur
·  Layanan cloud platform
·  Layanan cloud software
Organisasi yang menggunakan komputasi awan, umumnya tidak memiliki infrastruktur, mereka tidak harus melakukan investasi besar dalam perangkat keras dan perangkat keras mereka. Beberapa perusahaan khawatir tentang resiko berkaitan dengan data penting dan sistem mereka untuk vendor luar yang juga bekerja untuk perusahaan lain. Keterbatasan lain dari komputasi awan adalah membuat pengguna bergantung pada penyedia komputasi awan.
5.    Komputasi Ramah Lingkungan
Komputasi ramah lingkungan mengacu pada praktek dan teknologi untuk merancang, memproduksi, menggunakan, dan pengaturan komputer, server dan perangkat terkait, seperti monitor, printer, perangkat penyimpanan. Mengurangi konsumsi daya komputer telah menjadi prioritas yang utama.
6.    Komputasi Otonom
Komputasi otonom adalah upaya luas industri untuk mengembangkan sistem yang dapat mengkonfigurasi sendiri, mengoptimalkan sendiri, memperbaiki sendiri bila rusak, dan melindungi diri dari penyusup luar serta penghancuran diri. Kita dapat melihat sekilas beberapa kemampuan ini pada sistem dekstop. Misalnya virus dan software perlindungan firewall dapat mendeteksi virus pada personal komputer, otomatis mengalahkan virus. Program-program ini dapat diperbarui secara otomatis saat diperlukan, dengan menghubungkan pelayanan perlindungan virus secara online seperti McAfee.
7.    Prosesor Penyimpanan Daya dan Kinerja Tinggi
Cara lain untuk mengurangi kebutuhan daya perangkat keras adalah dengan menggunakan prosesor yang lebih efisien dan hemat daya. Mikroprosesor sekarang mengutamakan beberapa fitur inti prosesor pada satu chip. Sebuah prosesor mulitcore adalah sirkuit terpadu yang dua atau lebih prosesornya telah terpasang untuk meningkatkan kinerja, mengurangi konsumsi daya, dan lebih efisien dalam pengolahan beberapa tugas. Teknologi ini memungkinkan dua atau lebih mesin pengolahan dengan mengurangi kebutuhan daya dan pemborosan untuk melakukan tugas lebih cepat.

5.4 KECENDERUNGAN PLATFORM PERANGKAT LUNAK KONTEMPORER
Ada empat tema utama dalam evolusi platform perangkat lunak kontemporer :
1.    Perangkat lunak linux dan sumber terbuka.
2.    Java dan Ajax
3.    Layanan web dan layanan berorientasi arsitektur
4.    Perangkat lunak tenaga kerja dan layanan awan (cloud services).

1.    Perangkat Lunak Linux dan Sumber Terbuka
Perangkat lunak sumber terbuka adalah perangkat lunak yang diproduksi oleh komunitas dari beberapa ribu progammer di seluruh dunia. Perangkat lunak sumber terbuka adalah gartis, dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh pengguna tanpa lisensi tambahan. Gerakan sumber terbuka telah berkembang selama lebih dari 30 tahun dan telah menunjukkan bahwa itu dapat diterima secara komersial dan merupakan perangkat lunak yang berkualitas tinggi. Linux mungkin merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang paling terkenal. Linux tersedia dalam versi gratis dapat di download dari internet. Munculnya perangkat lunak sumber terbuka, khususnya Linux mendukung dan memiliki implikasi yang mendalam untuk platform perangkat lunak perusahaan : pengurangan biaya, keandalan dan ketahanan, dan integrasi, karena Linux bekerja pada semua platform perangkat keras terutama dari mainframe ke server ke klien.
2.    Java dan Ajax
Java adalah sebuah sistem operasi independen, prosesor independen, bahasa pemrograman terorientasi yang telah menjadi pemimpin lingkungan interaktif untuk Web. Paltform Java telah berpindah ke telepon seluler, smarthphone, mobil, pemain musik, mesin-mesin permainan, dan akhirnya ke televisi kabel. Perangkat lunak Java dirancang untuk bekerja pada setiap komputer atau perangkat komputasi, terlepas dari mikroprosesor tertentu atau sistem operasi perangkat yang digunakan. Pengembang Java dapat membuat applet kecil yang dapat disimpan dalam halaman Web dan di download untuk menjalankan browser Web. Ajax merupakan teknik pengembangan web yang lain untuk membuat aplikasi web interaktif yang mencegah semua ketidaknyamanan. Ajax memungkinkan klien dan server untuk bertukar potongan-potongan kecil data. Ajax menggunakan program JavaScript yang di download ke klien untuk menjaga percakapan dekat terus menerus dengan server yang anda gunakan.
3.    Layanan Web dan Layanan Berorientasi Arsitektur
Layanan web mengacu pada pengaturan komponen perangkat lunak yang menukar informasi satu sama lain yang menggunakan standar komunikasi dan bahasa Web universal. Mereka dapat bertukar informasi antara dua sistem yang berbeda terlepas dari sistem operasi atau bahasa pemrograman pada sistem yang berbasis. Mereka dapat digunakan untuk membangun aplikasi standar terbuka berbasis Web yang menghubungkan dua sistem organisasi yang berbeda dan mereka juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang menghubungkan sistem yang berbeda dalam satu perusahaan. Layanan web tidak terikat pada satu sistem operasi atau bahasa pemrograman, dan aplikasi yang berbeda dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan yang lain dengan cara yang standar tanpa memakan waktu. Dasar teknologi untuk layanan Web adalah XML yang merupakan singkatan dari Extensible Markup Language. XML menggunakan format standar untuk pertukaran data, memungkinkan layanan web untuk melewatkan data dari satu proses ke yang lain. Tidak harus menulis kode perangkat lunak baru untuk sistem informasi masing-masing pasangan baru atau setiap perangkat nirkabel baru.
4.    Perangkat Lunak Tenaga Kerja dan Layanan Awan (Cloud Services).
Saat ini banyak perusahaan bisnis melanjutkan untuk mengoperasikan sistem warisan yang terus memenuhi kebutuhan bisnis dan akan membutuhkan biaya yang banyak jika akan menggantinya. Tapi mereka akan membeli atau menyewa perangkat lunak baru dari sumber eksternal. Gambar 5-11 menggambarkan pertumbuhan yang cepat dalam sumber-sumber eksternal perangkat lunak untuk perusahaan AS. Ada tiga sumber eksternal untuk perangkat lunak : paket perangkat lunak dari  vendor perangkat lunak komersial, aplikasi pengembangan tenaga kerja untuk vendor eksternal, dan layanan awan (cloud computing) untuk vendor eksternal, serta layanan awan berbasis perangkat lunak.

Pada tahun 2010, perusahaan-perusahaan AS akan menghabiskan lebih dari $ 291.000.000.000 pada perangkat lunak. Sekitar 40% dari yang akan berasal dari luar perusahaan ($ 116.000.000.000), baik dari vendor perangkat lunak perusahaan yang menjual aplikasi firmwide atau penyedia layanan aplikasi leasing atau menjual modul software. Lainnya 10% ( $ 29 milyar) akan disediakan oleh vendor SaaS sebagai layanan berbasis awan (cloud) secara online.
Sumber :Pendapatan Nasional BEA dan Produk Account, 2010; Gartner Group,2010; perkiraan penulis.
Perangkat Lunak Tenaga Kerja
Perangkat lunak tenaga kerja memungkinkan perusahaan untuk melakukan kontrak pengembangan perangkat lunak atau pemeliharaan program warisan yang ada untuk perusahaan luar, yang sering beroperasi lepas pantai di daerah-daerah yang memiliki upah rendah di dunia.

Peralatan dan Layanan Perangkat Lunak Berbasis Awan
Data dan perangkat lunak berbasis awan menggunakan host pada server yang kuat di pusat data besar, dan dapat diakses dengan koneksi internet dan standar browser Web. Layanan untuk menyampaikan dan menyediakan akses ke perangkat lunak dari jarak jauh sebagai layanan berbasis Web yang  sekarang disebut sebagai perangkat lunak layanan (SaaS). Sebuah contoh utama adalah Salesforce.com. Untuk mengelola hubungan mereka dengan agen tenaga kerja atau penyedia layanan teknologi, perusahaan perlu kontrak yang mencakup perjanjian tingkat layanan (SLA). SLA biasanya menentukan sifat dan tingkat layanan yang diberikan, kriteria pengukuran kinerja, dukungan pilihan, ketentuan untuk keamanan dan pemulihan bencana, kepemilikan dan ugrade perangkat lunak dan perangkat keras, dukungan pelanggan, penagihan, dan kondisi untuk mengakhiri perjanjian.
Mashup dan Aplikasi
Pengguna individu dan seluruh perusahaan mencampur dan mencocokkan komponen perangkat lunak untuk membuat aplikasi mereka sendiri yang disesuaikan dan untuk berbagi informasi dengan orang lain. Aplikasi perangkat lunak yang dihasilkan ini adalah Mashup. Idenya adalah untuk mengambil sumber yang berbeda dan menghasilkan karya baru yang lebih besar. Web mashup menggabungkan kemampuan dua atau lebih aplikasi online untuk membuat semacam hibrida yang memberikan nilai lebih untuk pelanggan. Aplikasi adalah bagian kecil dari perangkat lunak yang berjalan di internet. Saat ini, sebagian besar perhatian tertuju kepada aplikasi yang telah dikembangkan untuk mobile digital platform. Ini adalah aplikasi yang mengubah smartphone dan perangkat handheld mobile lainnya ke perangkat komputasi tujuan umum. Keberhasilan mobile platform sebagian besar  tergantung pada kuantitas dan kualitas aplikasi yang mereka sediakan.

5.5  ISU MANAJEMEN
Membuat dan mengelola infrastruktur TI yang koheren menimbulkan beberapa tantangan: berurusan dengan platform dan perubahan teknologi (termasuk cloud dan mobile komputasi), manajemen dan tata kelola, dan membuat infrastruktur investasi yang bijaksana.

PERSETUJUAN PLATFORM DAN PERUBAHAN INFRASTUKTUR
     Perusahaan yang memiliki perkembangan pesat , mereka dapat dengan cepat mengatasi infrastruktur mereka dan  perusahaan yang menyusut perkembangannya, justru mereka dapat  terjebak dengan infrastruktur yang berlebihan.
Skalabilitas mengacu pada kemampuan komputer, produk, atau sistem dan perluasan untuk melayani sejumlah besar pengguna tanpa ada masalah. Aplikasi baru, merger dan akuisisi, dan semua dampak komputer  dari usaha perubahan volume beban kerja dan harus dipertimbangkan ketika merencanakan kapasitas hardware.
     Perusahaan yang menggunakan komputasi mobile dan komputasi awan platform akan membutuhkan kebijakan dan prosedur baru untuk mengelola platform ini. Mereka harus menyediakan semua perangkat mobile yang digunakan bisnis dan mengembangkan kebijakan dan alat untuk pelacakan, pembaruan, dan mengamankan mereka dan untuk mengendalikan data dan aplikasi yang berjalan.
     Perusahaan yang menggunakan komputasi awan dan SaaS akan memerlukan mode pengaturan kontrak baru dengan vendor jarak jauh untuk memastikan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak untuk aplikasi penting selalu tersedia bila diperlukan dan mereka memenuhi standar   perusahaan untuk informasi keamanan.
MANAJEMEN DAN PEMERINTAHAN
Bab 2 memperkenalkan konsep tata kelola TI dan menggambarkan beberapa masalah tentang itu.  Setiap organisasi harus mendapatkan jawaban berdasarkan kebutuhan mereka  sendiri.
PEMBUATAN KEBIJAKAN INVESTASI INFRASTRUKTUR
Infrastruktur TI adalah investasi besar bagi perusahaan. Jika terlalu banyak dihabiskan untuk infrastruktur, merupakan hambatan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jika terlalu sedikit dihabiskan untuk hal tersebut, layanan bisnis yang penting tidak dapat disampaikan dan pesaing perusahaan  akan mengungguli underinvesting.
     Komputasi awan dapat menjadi cara yang biayanya rendah untuk meningkatkan skalabilitas dan fleksibilitas, tetapi perusahaan harus mengevaluasi pilihan ini dengan hati-hati mengingat persyaratan keamanan dan berdampak pada proses bisnis dan aliran kerja.
     Dalam beberapa kasus, biaya sewa software meningkat  hingga lebih dari membeli dan memelihara aplikasi in-house. Namun mungkin ada keuntungan menggunakan SaaS jika memungkinkan perusahaan untuk fokus pada masalah bisnis utama bukan tantangan teknologi.
TOTAL BIAYA KEPEMILIKAN ASET TEKNOLOGI
Total biaya kepemilikan (TCO) model dapat digunakan untuk menganalisis biaya-biaya langsung dan tidak langsung untuk membantu perusahaan menentukan biaya aktual tertentu implementasi teknologi. Tabel 5-3 menggambarkan TCO yang paling penting komponen yang perlu diperhatikan dalam analisis TCO.
Tabel 5.3
KOMPONEN INFRASTUKTUR
KOMPONEN-KOMPONEN BIAYA
Akuisisi Perangkat Keras
Harga pembelian peralatan perangkat keras komputer, termasuk komputer, terminal, penyimpanan,
dan printer
Perangkat Lunak Akuisisi
Pembelian atau izin perangkat lunak untuk setiap pengguna
Instalasi
Biaya untuk menginstal komputer dan perangkat lunak
Pelatihan
Biaya untuk memberikan pelatihan untuk ahli sistem informasi dan pengguna akhir
Pendukung
Biaya untuk memberikan dukungan teknis yang sedang berlangsung , dan sebagainya
Pemeliharaan
Biaya untuk meng-upgrade perangkat keras dan perangkat lunak
Infrastuktur
Biaya untuk memperoleh, mempertahankan, dan mendukung infrastruktur terkait lainnya, seperti jaringan dan peralatan khusus  (termasuk unit penyimpanan cadangan)
Penghentian
Biaya hilangnya produktivitas jika perangkat keras atau perangkat lunak gagal menyebabkan sistem menjadi tidak tersedia untuk pengolahan dan penggunaan tugas
Ruang dan Energi
Properti dan utilitas biaya untuk perumahan dan listrik untuk menyediakan teknologi

Model Kekuatan Persaingan  Investasi Infrastruktur IT
  1. Permintaan pasar untuk layanan perusahaan Anda.
  2. Strategi bisnis perusahaan Anda.
  3. Strategi TI Perusahaan Anda, infrastruktur, dan biaya.
  4. Penilaian teknologi informasi.
  5. Layanan Kompetitor perusahaan.
  6. Perusahaan kompetitor investasi infrastruktur TI.
 5.6 HANDS-ON MIS PROJECTS
Bagian ini memberikan tentang pengalaman dalam pengembangan solusi untuk mengelola infrastruktur TI dan TI outsourcing, menggunakan perangkat lunak lembar kerja untuk mengevaluasi sistem desktop alternatif, dan menggunakan penelitian anggaran web untuk konferensi penjualan.
Keputusan Manajemen
1.      University of Pittsburgh Medical Center (UPMC) mengandalkan informasi sistem untuk mengoperasikan 19 rumah sakit, jaringan situs perawatan lainnya, dan internasional dan usaha komersial. Permintaan untuk server tambahan dan teknologi penyimpanan tumbuh sebesar 20 persen setiap tahun. UPMC sedang menyiapkan server terpisah untuk setiap aplikasi, dan server dan komputer lain yang menjalankan nomor sistem operasi yang berbeda, termasuk beberapa versi Unix dan Windows. UPMC harus mengelola teknologi dari berbagai vendor, termasuk HP, Sun Microsystems, Microsoft, dan IBM. Menilai dampak situasi ini pada kinerja bisnis. Faktor-faktor apa dan keputusan manajemen harus dipertimbangkan ketika mengembangkan solusi untuk masalah ini?
2.      Qantas Airways, maskapai terkemuka di Australia, menghadapi tekanan biaya dari bahan bakar yang tinggi harga dan tingkat yang lebih rendah dari lalu lintas penerbangan global. Untuk tetap kompetitif, maskapai harus menemukan cara untuk menjaga biaya rendah sambil memberikan tingkat tinggi pelayanan pelanggan. Qantas memiliki data center 30 tahun. Manajemen harus memutuskan apakah akan mengganti infrastruktur TI dengan teknologi yang lebih baru atau outsourcing itu. Haruskah Qantas melakukan outsourcing untuk vendor komputasi awan? Factor-faktor apa yang harus dipertimbangkan oleh manajemen Qantas ketika memutuskan apakah akan outsourcing? Jika Qantas memutuskan untuk melakukan outsourcing, daftar dan jelaskan poin yang harus ditangani dalam perjanjian tingkat layanan.
Pembuatan Keputusan: Menggunakan Spreadsheet untuk Evaluasi perangkat keras dan Pilihan Software
Keterampilan Software: Formula Spreadsheet
Keterampilan bisnis: Teknologi harga
Dalam latihan ini, Anda akan menggunakan perangkat lunak lembar kerja untuk menghitung biaya desktop sistem, printer, dan perangkat lunak.
Anda telah diminta untuk mendapatkan informasi harga pada perangkat keras dan perangkat lunak untuk 30 orang. Menggunakan Internet, dapatkan harga untuk 30 sistem PC desktop (monitor, komputer, dan keyboard) yang diproduksi oleh Lenovo, Dell, dan HP / Compaq seperti yang tercantum di situs Web perusahaan mereka masing-masing. (Untuk tujuan latihan ini, abaikan fakta bahwa sistem desktop biasanya dating dengan paket perangkat lunak preloaded.) Juga dapatkan harga pada 15 printer desktop diproduksi oleh HP, Canon, dan Dell. Setiap sistem desktop harus memenuhi spesifikasi minimum ditunjukkan dalam tabel berikut:
SPESIFIKASI MINIMUM DESKTOP
Processor speed 3 GHz
3 GHz
Hard Drive
350 GB
RAM
3 GB
DVD-ROM
16x
Monitor (diagonal measurement)
18 inches
Setiap printer desktop yang harus memenuhi spesifikasi minimum ditampilkan dalam tabel berikut:
SPESIFIKASI MINIMUM PRINTER
Print speed (black and white)
20 pages per minute
Print Resolution
600 x 600
Network Ready?
Yes
Maxiumum Price/Unit
$700
Setelah harga sistem desktop dan printer, telah diperoleh harga pada 30 eksemplar versi terbaru dari Microsoft Office, Lotus SmartSuite, dan Oracle.  Paket produktivitas desktop yang Open Office, dan pada 30 salinan Microsoft Windows 7 Professional. Paket perangkat lunak suite aplikasi datang dalam berbagai versi, jadi pastikan bahwa setiap paket berisi program untuk kata pengolahan, spreadsheet, database, dan presentasi. Siapkan spreadsheet yang menunjukkan hasil penelitian Anda untuk desktop sistem, untuk printer, dan perangkat lunak. Gunakan perangkat lunak lembar kerja untuk menentukan sistem desktop, printer, dan kombinasi perangkat lunak yang akan menawarkan baik kinerja terbaik dan harga per pekerja. Karena setiap dua pekerja akan berbagi satu printer (15 printer / 30 sistem), menganggap hanya setengah biaya printer per pekerja dalam spreadsheet. Asumsikan bahwa perusahaan Anda akan mengambil garansi standar dan kontrak layanan yang ditawarkan oleh produsen masing-masing produk.
Pembuatan Keputusan: Menggunakan Web Penelitian Anggaran untuk Konferensi Penjualan
Kemampuan software: perangkat lunak berbasis internet
Keterampilan bisnis: Meneliti biaya transportasi dan akomodasi
The Foremost Composite Materials Company merencanakan penjualan dua hari konferensi 15-16 Oktober, dimulai dengan penerimaan pada malam 14 Oktober Konferensi terdiri dari pertemuan semua-hari itu seluruh penjualan kekuatan, penomoran 125 perwakilan penjualan dan 16 manajer mereka, harus hadir.
Setiap perwakilan penjualan membutuhkan atau kamarnya sendiri, dan perusahaan membutuhkan dua ruang pertemuan umum, salah satu yang cukup besar untuk menampung seluruh penjualan kekuatan ditambah pengunjung (Total 200) dan mampu lainnya untuk memegang setengah memaksa. Manajemen telah menetapkan anggaran sebesar $ 120.000 untuk penyewaan ruangan wakil '. Hotel ini juga harus memiliki layanan seperti overhead dan proyektor komputer sebagai serta pusat bisnis dan ruang serbaguna. Hal ini juga harus memiliki fasilitas untuk reps perusahaan untuk dapat bekerja di kamar mereka dan menikmati diri mereka sendiri di kolam renang dan fasilitas olahraga. Perusahaan ingin mengadakan konferensi baik Miami atau Marco Island, Florida.
Terutama biasanya suka mengadakan pertemuan seperti di Hilton- atau Marriott milik hotel. Gunakan situs Web Hilton dan Marriott untuk memilih sebuah hotel di mana dari kota-kota yang akan memungkinkan perusahaan untuk mengadakan konferensi penjualan dalam anggarannya.
Kunjungi homepage dua situs , dan untuk menemukan sebuah hotel yang memenuhi Persyaratan konferensi penjualan terkemuka dunia. Setelah Anda memilih hotel, menemukan penerbangan tiba sore hari sebelum konferensi karena peserta akan perlu memeriksa pada hari sebelum dan menghadiri resepsi Anda dengan malam sebelum konferensi. Peserta Anda akan datang dari Los Angeles (54), San Francisco (32), Seattle (22), Chicago (19), dan Pittsburgh (14).
Tentukan  biaya setiap tiket penerbangan dari kota-kota. Ketika Anda selesai, membuat anggaran untuk konferensi. Anggaran akan mencakup biaya setiap tiket pesawat, biaya kamar, dan $ 60 per peserta per hari untuk makanan.
·         Apa anggaran terakhir Anda?
·         Mana yang Anda pilih sebagai hotel terbaik untuk konferensi penjualan dan mengapa?
TAHAP PEMBELAJARAN MODUL
Pembelajaran  berikut memberikan konten yang relevan dengan topik yang dibahas di bab ini:
1.      Bagaimana Komputer dan Software  Bekerja
2.      Perjanjian Service Level
3.      Open Source Software Initiative
4.      Membandingkan Tahapan dalam Evolusi Infrastruktur TI
5.      Komputasi Awan










Tidak ada komentar:

Posting Komentar